Camp Ceria di Curug Ciputri & Sekitarnya, Tenjolaya Bersama Touring BPJ

Yappp hari ini saya bersama Klub Touring saya mau camping ceria di salah satu curug yang berada di Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor.

Sebelumnya saya sudah pernah ke Curug Ciputri, kalian bisa baca di tulisan saya yang lainnya.

Kami berangkat dari Sekret Backpacker Jakarta pada malam hari.

Perjalanan Menuju Curug

Diperjalanan kami melewati Jalan Raya Bogor sampai daerah Jambu Dua lalu melewati JL. Iskandar Muda atau yang lebih dikenal dengan sebutan Jalan Baru hingga simpang Taman Yasmin dan belok ke kiri menuju Bubulak dan mengambil jalur ke Dramaga.

Setelah Kampus IPB, ada pom bensin di sebelah kanan dan akan melewati jembatan. Setelah jembatan pelankan kecepatan kalian, karena kita belok kiri.

Setelah belok kiri barulah kita hanya tinggal lurus terus ikuti jalan ke atas.

Sampai bertemu pertigaan, belok kiri (pasti ada Indomaret di sebelah kanan :D) barulah kalian belok kanan, dan ada juga petunjuk ke Curug Ciputri dan Curug Ciampea.

Kalian hanya perlu ikuti jalan saja, karena di ujung jalan ini sudah masuk pintu loket. Jalannya agak sedikit rusak dan berbatu, dan tanjakannya sedikit curam.

Jadi hati hati guys, terutama setelah hujan :))

Kita sampai tepat Pukul 03.00 AM, dan semuanya kedinginan, tidak bisa membangun tenda. Akhirnya kami semua tidur di warung yang ada di sini. Alhamdulillah pemilik warung berbaik hati untuk memberikan lahannya agar kami dapat istirahat disana.

Pagi Hari

Paginya barulah kita dapat membangun tenda, sempat beberapa kali bongkar tenda. Fyi, kami hanya membawa sedikit tenda alias limit dan ketua kami memutuskan untuk mendirikan bivak (semacam tenda darurat).

Enjoyed Curug Ciputri & Sekitarnya

Setelah mendirikan tenda barulah kita dapat bersantai ria, menikmati indahnya alam di Tenjolaya ini, menikmati rindangnya hutan pinus disini hihi.

Trecking Curug Ciputri

Sudah tau kan waktu yang diperlukan untuk sampai ke Curug Ciputri sekitar 15-30 menit tergantung dari seberapa kuatnya kalian hehe.

Fyi, hati hati ya saat trecking menuju curug karna ini rumahnya pacet hehe. Tau kan pacet? Lintah yang suka menghisap darah kalian, karna disini lembab banget.

Trecknya juga tanah semua jadi aman, dan tanjakannya gak terlalu curam kok hehe. Hati hati aja saat hujan.

Sampai di Curug

Inilah Curug Ciputri

Kok sekitarnya?

hehe karna ada curug lainnya

Nih curugnya.

Kalo kalian liat tiket pasti tau ko ini adanya dimana hehe.

Quallity time

Setelah main di curug, kami kembali ke tenda dan quallity time & ishoma.

Yaa kurang lebih sampai esok harinya kita makan, bercanda, bertukar cerita sampai tidak sadar kalau sudah jam 11 malam haha. Karna kita benar benar tanpa gadget (efect no signal :D)

Last Day

Inilah kondisi tenda kita, banner bagaikan matras dan flysheet jadi atapnya. Selebihnya kita mencari arah angin dan menutupnya dengan flysheet supaya angin tidak ke arah kita.

Setelah cuci muka dan gosok gigi, barulah kita masak

Semua logistik dimasak..

Makan Bwang!

Packing

Setelah makan, kita bersih bersih packing dan persiapan pulang ke Jakarta

Tepatnya jam 13.25 WIB kita kembali ke Jakarta.

Fyi, tarif camp disini sama saja yakni 10rb utk parkir motor dan 15rb utk tiket. Jadi kalau camp semalam 25rb

Sejatinya kami camp 2 malam, namun karna sudah kenal dengan pengelolanya jadi hanya bayar 1 malam aja hehe

Diperjalanan pulang, tidak jauh dari tempat camp kami berhenti sebentar untuk foto

Ini hasilnya

Tepat dibelakang adalah Gunung Salak.